Kamis, 11 Juni 2009

Implementasi pendidikan lingkungan hidup (PLH)

pagi ini hari begitu cerah tidak ada mendung sama sekali, saya berinisiatif untuk membawa anak-anak belajar diluar jalan-jalan santai,kebetulan kami berada dekat dengan pantai jadi saya bawa mereka kesana.

sesampainya di pantai saya begitu terkejut ketika melihat pantai kami hancur oleh abrasi,mungkin baru 1 bulan kemarin kami pergi kesana tetapi apa yang saya lihat sungguh memprihatinkan.

saya dan anak-anak membuat lingkaran kecil dan mereka duduk di pasir pantai, saya bertanya ke meraka apa yang terjadi dengan pantai kita? ternyata berbagai jawaban menarik dan agak ngawur terucap, lalu saya jelaskan tentang keadaan pantai kita,dari sebab akibat sampai salah satu contoh penanggulangannya.

setelah itu kami menelusuri pantai,sambil berlari-lari kecil di pagi hari menikmati udara pagi pantai yang sejuk dan segar, mereka merasa senang. sambil mencari kerang,bintang laut atau pun yang lainnya hingga lupa waktu untuk kembali kesekolah.

ketika di sekolah saya menanyakan kembali apa yang telah saya jelaskan di pantai, mereka bisa menjawab.

ternyata kegiatan itu sungguh menarik perhatian saya, dari ilmu pengetahuan alam, penjaskes, b.indonesia,pkn,pembiasaan dan mungkin budi pekerti masuk kedalamnya.apa yang disampaikan ke meraka di ingatnya.

yang paling terpenting semoga saja mereka mengerti masa depan desanya, desa kami berada di utara pulau jawa, tanjung sedari tepatnya di dsn tirtasari desa sedari kecamatan cibuaya kabupaten karawang.


sungguh memerlukan penanggulangan yang serius terhadap desa kami, abrasi tidak terbendung lagi,pantainya habis.saya merasa sangat sedih melihatnya, karena ini lah desa kelahiran saya,desa yang banyak menciptakan anak-anak yang sukses walaupun tertinggal dari ekonomi dan tekhnologi.

next....................



Tidak ada komentar: